(0362) 29306

Jalan Raya Singaraja-Bedugul, Pancasari

SMAS Candimas Pancasari Melaksanakan Upacara Bendera dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94

Humas Candimas 
Seperti yang diketahui, Sumpah Pemuda adalah momen bersejarah bagi bangsa Indonesia karena menjadi tonggak dimulainya pergerakan organisasi pemuda

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94, SMAS Candimas Pancasari melaksanakan upacara bendera pada hari Jumat, 28 Oktober 2022 di halaman upacara. Upacara diikuti oleh seluruh siswa siswi dan guru SMAS Candimas Pancasari.

Bapak Ketut Aryawan, S.Pd sebagai pembina upacara membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali pada peringatan hari Sumpah Pemuda tahun 2022.
 
Dikutip dari detikEdu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan bahwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran tentang bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras, dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.
“Sejarah telah menjelaskan bahwa pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia,” tulisnya dalam sambutan yang diedarkan melalui laman resmi Kemenpora.
“Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa,” tegas Zainudin.
 
 
Logo Hari Sumpah Pemuda 2022 juga memiliki arti tersendiri. Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip dari edaran resmi Kemenpora tentang Hari Sumpah Pemuda 2022.
1. Karakter Logo (Angka 94)
Karakteristik penggabungan warna dalam logo Hari Sumpah Pemuda 2022 menggambarkan Indonesia yang memiliki keberagaman suku, bangsa, dan budaya.
2. Garis
Garis putih di dalam angka 9 dan 4 yang mengikuti bentuk logo memiliki arti kesatuan dan mencerminkan keberagaman sekaligus simbol persatuan yang suci.
3. Lingkaran
Bentuk lingkaran pada angka 9, diibaratkan kepalan tangan yang menggambarkan semangat persatuan dan kepemudaan.
4. Dua Garis Berjajar
Garis yang saling berjajar dan mengarah ke atas pada angka 9 dan 4, menggambarkan semangat pemuda-pemudi Indonesia untuk terus bangkit bersama sebagai wujud cinta tanah air Indonesia.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Berbarengan dengan kegiatan Upacara Bendera juga dilaksanakan kegiatan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba serangkaian hari raya Saraswati kemarin.
Lomba yang dilaksanakan yakni Lomba membuat banten pejati dimenangkan oleh Kelas X Delta sebagai Juara I, Juara II diraih oleh Kelas XII Bahasa dan Budaya, dan Juara III diraih oleh kelas XII MIPA
kemudian Lomba membuat makanan tradisional Juara I diraih oleh Kelas XII IPS, Juara II diraih oleh Kelas XI Praja, dan Juara III diraih oleh kelas XI Paramiteng.
Penyerahan hadiah diberikan langsung oleh Kepala SMAS Candimas Pancasari, Ibu Luh Sami Asih, S.Pd., M.Pd didampingi oleh Waka Kurikulum, Bapak I Putu Suyadnya, S.Pd dan Waka Sarpras, Bapak I Gede Dodie Ariyawan, S.Pd. Penyerahan hadiah berlangsung di lapangan upacara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *