VISI SMAS CANDIMAS PANCASARI

1.     VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH

SMAS Candimas Pancasari merupakan pelaksana sekolah penggerak yang mengimplementasikan kurikulum merdeka dari tahun pelajaran 2021/2022 sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah No 6555/C/HK.00/2021 tentang Penetapan Satuan Pendidikan Pelaksana Program Sekolah Penggerak. Oleh karena itu SMAS Candimas Pancasari mengembangkan profil sekolah yang diinginkan diwujudkan melalui Visi sekolah sebagai berikut ”TERWUJUDNYA LULUSAN YANG CERDAS, TERAMPIL, DAN BERKARAKTER PANCASILA”

Ø  Indikator Visi, antara lain:

  1. Meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berahklak mulia;
  2. Terlaksananya doa/persembahyangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
  3. Terlaksananya persembahyangan pada hari suci keagamaan
  4. Terwujudnya Tri kerukunan antar beragama
  5. Mempertahankan budaya luhur, lokalitas,,identitas dan terbuka terhadap perkembangan zaman; (berkebineaan global);
  6. Mewujudkan budaya 5S ( Senyum, salam, sapa, sopan dan santun)
  7. Melestarikan adat dan tradisi lokal ( membuat sarana upacara keagamaan, penulisan lontar, melantungkan kidung suci)
  8. Menggunakan pakaian adat daerah bali pada hari yang disepakati
  9. Menerima perkembangan zaman sesuai nilai-nilai pancasila
  10. Menumbuh kembangkan kebersamaan berdasarkan azas gotong royong dan sikap empati, simpati dan toleransi;
  11. Melaksanakan kegiatan bakti sosial
  12. Menumbuhkembangkan koperasi sederhana di sekolah
  13. Mewujudkan lingkungan sekolah yang empati, simpati dan toleransi
  14. Menumbuhkembangkan kreativitas untuk menghasilkan karya dan tindakan yang original
  15. Mewujudkan produk yang bernilai jual
  16. Mengolah sampah anorgnik
  17. Mewujudkan sumber daya manusia yang bernalar kritis;
  18. Mampu memecahkan masalah yang dihadapi di dunia nyata
  19. Menumbuhkembangkan kemandirian untuk bersaing di era globalisasi;
  20. Mampu bersaing di dunia kerja dengan adanya perkembangan zaman
  21. Mewujudkan lulusan yang cerdas dan terampil untuk melanjutkan ke perguruan tinggi atau memasuki dunia kerja;
  22. Diterima di perguruan tinggi negeri maupun swasta

Untuk mencapai Visi Sekolah, sekolah menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam Misi berikut: 

  1. Meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berahklak mulia;
  2. Mempertahankan budaya luhur, lokalitas,,identitas dan terbuka terhadap perkembangan zaman; (berkebineaan global);
  3. Menumbuh kembangkan kebersamaan berdasarkan azas gotong royong dan sikap empati, simpati dan toleransi;
  4. Menumbuhkembangkan kreativitas untuk menghasilkan karya dan tindakan yang original
  5. Mewujudkan sumber daya manusia yang bernalar kritis;
  6. Menumbuhkembangkan kemandirian untuk bersaing di era globalisasi;
  7. Mewujudkan lulusan yang cerdas dan terampil untuk melanjutkan ke perguruan tinggi atau memasuki dunia kerja;

Tujuan Satuan Pendidikan

Tujuan pendidikan SMAS Candimas Pancasari meliputi tujuan umum dan tujuan khusus sebagai berikut.

Tujuan Umum

Meningkatkan kecerdasan, keterampilan dan berkarakter profil pelajar pancasila untuk mengikuti pendidikan lebih lanjut atau memasuki dunia kerja.

Tujuan Khusus

  1. Terwujudnya warga sekolah yang beriman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berahklak mulia baik dalam beragama, akhlak yang baik kepada diri sendiri, kepada sesama manusia, kepada alam dan kepada negara Indonesia;
  2. Terbentuknya perilaku yang mengenal dan menghargai budaya, kearifan lokal, identitas, terbuka terhadap perkembangan zaman dan bertanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan serta berkeadilan sosial;
  3. Terwujudnya lulusan yang mampu kolaborasi, memiliki kepedulian yang tinggi, dan berbagi dengan sesama berdasarkan azas gotong royong;

 

  1. Terciptanya pembelajaran yang dapat menumbuhkembangkan kreativitas peserta didik untuk menghasilkan karya dan tindakan yang original
  2. Terwujudnya lulusan yang berprestasi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi;
  3. Terwujudnya lulusan yang terampil untuk memasuki dunia kerja;
  4. Terciptanya lulusan yang bernalar kritis untuk dapat membuat keputusan yang tepat dan berkontribusi memecahkan masalah dalam kehidupan, serta terbuka dengan penemuan baru;
  5. Dapat menumbuhkembangkan pribadi peserta didik yang memiliki kemandirian untuk bersaing di era industri 0;